Naskah Perjanjian RASULULLAH SAW dengan kaum kristen dan yahudi

#Revolusicinta #mazhabcinta #majdzubcinta 

Naskah Perjanjian RASULULLAH SAW kepada kaum kristen/yahudi

@ShihabAlwi: Selamat sore, sahabat... di sore yang baik ini sy akan berbagi naskah janji Rasulullah saw dengan penganut Kristen Najran
Naskah tsb dikutip dari buku Prof Muhammad Imarah ‘Fiqh al-Hadharah al-Islamiyah’, diterjemahkan k bahasa Indonesia oleh Prof Quraish Shihab
====================================================================
Najran dan kelompoknya serta semua penganut Nasrani di seluruh dunia di manapun mrk berada dlm perlindungan Allah dan pembelaan Muhammad SA menyangkut harta benda, jiwa, dan agama mereka, baik yang hadir (dalam pertemuan ini) maupun yang gaib.
Termasuk juga keluarga mereka, tempat-tempat ibadah mereka dan segala sesuatu yang berada dalam wewenang mereka, sedikit atau banyak.
 Saya berjanji melindungi pihak mereka, dan membela mrk, gereja dan tempat ibadah mrk serta tempat2 pemukiman para rahib dan pendeta2 mrk demikian juga tempat- tempat suci yang mereka kunjungi.
 Saya juga berjanji memelihara agama mereka dan cara hidup mereka di manapun mereka berada sebagaimana pembelaan saya kepada diri dan keluarga dekat saya serta orang-orang Islam yang seagama dengan saya karena saya telah menyerahkan kepada mereka perjanjian yang dikukuhkan Allah bahwa mereka memiliki hak serupa dengan hak kaum muslimin dan kewajiban serupa dengan kewajiban mereka
Kaum muslimin pun berkewajiban seperti kewajiban mereka berdasar kewajiban memberi perlindungan dan pembelaan kehormatan sehingga kaum muslimin berkewajiban melindungi mereka dari segala macam keburukan dan dengan demikian mereka menjadi sekutu dengan kaum muslimin menyangkut hak dan kewajiban. Tidak boleh uskup dari keuskupan mereka diubah satu hak dari hak2 mereka, tidak juga kekuasaan mereka, atau apa yg selama ini mereka miliki tidak boleh juga dituntut seseorang atas kesalahan yang dilakukan orang lain, sebagaimana tidak boleh memasukkan bangunan mereka ke bangunan masjid atau perumahan kaum muslimin Tidak juga boleh mereka dibebani kezaliman menyangkut pernikahan yang mereka tidak setujui Keluarga wanita masyarakat Nashrani tidak boleh dipaksa mengawinkan anak perempuannya kepada pria kaum muslimin.
Mereka tidak boleh disentuh oleh kemudharratan kalau mereka menolak lamaran atau enggan mengawinkan karena perkawinan tidak boleh terjadi kecuali dengan kerelaan hati
 Apabila seorang wanita Nashrani menjadi istri seorang muslim maka sang suami harus menerima baik keinginan istrinya untuk menetap dalam agamanya dan mengikuti pemimpin agamanya serta melaksanakan tuntunan kepercayaannya Tidak boleh hal ini dilanggar.
 Siapa yang melanggar dan memaksa istrinya melakukan sesuatu yang bertentangan dengan urusan agamanya maka dia telah melanggar perjanjian (yg dikukuhkan Allah) dan mendurhakai janji Rasul-Nya dan dia tercatat disisi Allah sbg pembohong.
 Buat para penganut agama Nashrani bila mereka memerlukan sesuatu untuk perbaikan tempat ibadah mrk atau satu kepentingan mrk dan agama mrk bila mereka membutuhkan bantuan dari kaum muslimin maka hendaklah mereka dibantu dan bantuan itu bukan merupakan hutang yang dibebankan kepada mereka tetapi dukungan buat mereka demi kemaslahatan agama mereka serta pemenuhan janji Muhammad SAW kpd mereka dan anugrah dari Allah dan Rasul-Nya buat mereka Tidak boleh seorang Nashrani dipaksa untuk memeluk agama Islam. Janganlah mendebat orang-orang Yahudi dan Nashrani yang berselisih pendapat denganmu kecuali dengan cara yang paling baik. Kecuali dengan orang2 yang melampaui batas dan katakan: kami percaya dengan apa yang diturunkan Allah kepada kami (Al-Qur’an) juga dengan apa yang diturunkan kepada kalian (Taurat dan Injil). Tuhan kami dan Tuhan kamu adalah satu dan kami hanya tunduk kepada-Nya semata (Q.S. Al-Ankabut 46).
Mereka hendaknya diberi perlindungan berdasar kasih sayang dan dicegah segala yang buruk yang dapat menimpa mereka kapan dan dimanapun. 
Sahabat demikian naskah janji Nabi. Dapat kita tangkap betapa Beliau adalah sosok yang penuh welas asih, jauh dari kebencian dan permusuhan.


Sent from my iPad  










Komentar

Postingan Populer